SAN FRANSISCO – Kini profil pengguna Facebook yang sudah meninggal, masih dapat mengirimkan keinginan terakhirnya dengan sebuah aplikasi, If I Die. Tapi aplikasi ini harus disetujui oleh tiga orang kepercayaan di Facebook.

If I Die ini bisa mengirimkan pesan terakhir, ketika pemilik akun dipastikan sudah meninggal. Setelah meng-instal aplikasi dan memilih tiga teman terpercaya di Facebook, pengguna dapat merekam video atau sejumlah posting Facebook untuk dipublikasikan setelah meninggal.

Tapi ‘surat wasiat’ itu baru bisa dipublikasikan, ketika teman-teman terpercaya yang dipilih pemilik akun sudah memastikan, bahwa pengguna Facebook tersebut telah meninggal.

Namun meskipun aplikasi ini bisa dikatakan aneh, tapi Wilook, perusahaan di balik aplikasi ini mengatakan karena tidak ada yang tahu kapan kematian itu datang, maka dibuatlah aplikasi ini. “Kita semua memiliki pesan untuk dikatakan dan belum tentu ada yang ingin mendengarkan kita. Sebenarnya kita semua ingin meninggalkan pesan setelah pergi,” ujar Eran Alfonta, salah satu pendiri dan CEO aplikasi ini, seperti dilansir Mashable, Minggu (8/1/2012).

Alfonta mengaku mendapatkan ide untuk aplikasi ini, ketika dua temannya melakukan perjalanan ke Italia dan lolos dari kecelakaan mobil. Mereka meminta Alfonta membuat sebuah website, di mana mereka dapat merekam sesuatu yang rahasia jika meninggal nanti.

Maka dengan kata lain, aplikasi ini bisa membuat akun Facebook pengguna yang telah meninggal masih bisa terus aktif memposting pesan, selama pesan tersebut masih ada untuk dikirim.