Microsoft. AP

TEMPO Interaktif, Seattle – Microsoft Corp. telah menjual lebih dari 2 juta unit smartphone yang menggunakan software Windows Phone 7 sejak diluncurkan pada Oktober tahun lalu. Sayangnya, jumlah ini jauh lebih kecil dibandingkan penjualan ponsel iPhone dan Android.

Padahal perusahaan pembuat perangkat lunak terbesar di dunia ini telah menggandeng sejumlah perusahaan pembuat ponsel untuk menggunakan platform tersebut. Vendor handset itu adalah Samsung Electronics Co Ltd, LG Electronics Inc dan HTC Corp. Dari 2 juta unit ponsel Windows Phone 7 yang terjual, jumlah aplikasi yang telah diunduh pengguna ponsel tersebut lebih dari 6.500 aplikasi.

“Itu adalah angka yang cukup bagus,” kata analis International Data Corporation (IDC), Al Hilwa seperti dikutip Reuters, hari ini.

Kendati angka penjualan dan pengunduhan aplikasi menunjukkan respon pasar yang cukup baik, fakta bahwa Microsoft telah tertinggal dari Apple dan Google tampak jelas. Untuk tahun lalu saja, Apple berhasil menjual 16,2 juta unit iPhone.

Adapun ponsel dengan sistem operasi Android terjual sebanyak 9 juta unit setiap bulannya dengan total pengunduhan 300 ribu aplikasi per hari. Sedangkan sampai akhir tahun lalu Research in Motion (RIM) berhasil menjual 14,2 juta smartphone BlackBerry.